Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

SUBMISSIONS

Penulis harus mempertimbangkan kriteria berikut sebagai panduan untuk mempersiapkan naskah publikasi mereka.

Orisinalitas - Penulis harus memastikan bahwa naskah tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses seleksi oleh jurnal lain dan atau penerbit buku.

Plagiarisme - Konten pada naskah harus direferensikan dengan tepat. Pastikan untuk memeriksa naskah publikasi agar tehindar dari kemungkinan plagiarisme yang tidak disengaja.

Jumlah Kata – Diskursus tidak menentukan panjang maksimal untuk naskah, namun kami mendorong penulis untuk menulis dengan ringkas. Secara keseluruhan, jumlah kata pada naskah berkisar antara 4.000 hingga 7.000 kata, diluar referensi, tabel, gambar, dan lampiran.

Menulis - Diskursus menerima penggunaan gaya penulisan Amerika atau Inggris, tetapi bukan campuran dari keduanya. Penulis diminta untuk menulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik. Tata bahasa, ejaan, penggunaan, dan tanda baca teks sangat penting untuk tampilan naskah yang efektif. Oleh karena itu, naskah diharapkan ditulis dalam gaya yang jelas dan meyakinkan yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Format Teks - Diskursus menerima sebagian besar format pemrosesan kata seperti: Open Office, Microsoft Word, atau Rich Text Format (RTF), tetapi format MS Word lebih diutamakan. Pertahankan tata letak teks sesederhana mungkin. Sebagian besar kode pemformatan akan dihapus dan diganti saat memproses artikel. Oleh karena itu jangan gunakan opsi pengolah kata untuk mengkoreksi teks. Secara umum, penulisan angka dan tabel harus sesuai dengan format American Psychological Association (APA) (edisi ke-6).

 

Struktur Artikel


Naskah untuk artikel yang diserahkan kepada Jurnal Diskursus biasanya terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut;

 

Judul/Title

Abstrak/Abstract

Kata Kunci/Keywords

Pendahuluan/Introduction

Metode/Method

Hasil/Results

Pembahasan/Discussion

Kesimpulan/Conclusions

Apendik/Appendices (jika ada)

Referensi/References

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai struktur naskah dan isi naskah dapat dilihat pada panduan American Psychological Association (APA) formatting (6th edition).

 


Daftar Periksa Persiapan Naskah

Sebagai bagian dari proses pengiriman naskah, penulis diminta untuk memeriksa kepatuhan pengiriman naskah mereka dengan semua item berikut:

  1. Naskah yang dikirimkanbelum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedag diproses pada jurnal lain untuk dipertimbangkan 
  2. Naskah ditulis dalam format OpenOffice, Microsoft Wordatau Rich text (RTF), tetapi format MS Word lebih diutamakan.
  3. Pada badan naskah, Teksyang digunakan berjarak satu spasi; menggunakan ukuran font 11-point; dengan format font “Times New Roman”.
  4. Semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada lokasi yang sesuai.
  5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis.

 

Naskah dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi panduan ini.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penyampaian sebuah artikel / naskah pada Jural Diskursus dengan sendirinya menyiratkan bahwa:

  1. Karya (artikel/naskah) yang diuraikan belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari kuliah yang diterbitkan atau tesis akademis).
  2. Bahwa karya tersebut tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain.
  3. Bahwa penerbitannya disetujui oleh semua penulis dan secara diam-diam atau eksplisit oleh otoritas yang bertanggung jawab di mana pekerjaan itu dilakukan.
  4. Jika naskah diterima, maka naskah yang sama tidak akan dipublikasikan di tempat lain dalam bentuk yang sama, baik dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa lain, tanpa persetujuan tertulis dari Publisher.
  5. Editor berhak untuk mengedit atau mengubah semua kontribusi, tetapi penulis akan menerima bukti untuk persetujuan sebelum publikasi.
  6. Hak cipta untuk artikel yang diterbitkan dalam Diskursua tetap menjadi milik penulis, dengan hak publikasi pertama diberikan kepada jurnal Diskursus.
  7. Jurnal Diskursus dan atau penerbit tidak bertanggung jawab atas penggunaan selanjutnya dari karya tersebut. Segala pelanggaran merupakan tanggung jawab penulis.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.